Kembali ke Pencarian Cepat
Di Jual Rumah Tanjung Duren Jakarta Barat
Download Excel Pricelist Terbaru Kami bantu Anda menjual properti Anda
Bookmark and Share
Hot Items New Listing Listing Dicari ! Open House Primary Projects Marketing News
# Kode:
Cabang:
Tipe:
Lokasi:
Harga:
pencarian lengkap
 

SUBSCRIBE NOW!

INFO PROPERTI PILIHAN
SETIAP MINGGU, LANGSUNG DI INBOX ANDA

Kata Warga Bekasi Soal Monorel Cepat Hanya 24 Menit ke Jakarta
 

Jakarta - Warga Bekasi bersuka cita ketika mendengar kabar konsorsium BUMN mengajukan pembangunan monorel yang menghubungkan kawasan Bekasi Timur, Cawang, Cibubur, hingga Kuningan Jakarta. Apalagi setelah mengetahui jarak Bekasi Timur ke Cawang bisa ditempuh dalam 24 menit.

Warga Bekasi yang bekerja di Jakarta memang cukup banyak. Dari sekitar 2 juta jiwa penduduk Bekasi, berdasarkan data Dinas Kependudukan & Catatan Sipil tahun 2010, sebanyak 25-30% warganya bekerja di Jakarta.

Selain mobil pribadi, untuk berpergian sehari-hari ke Jakarta warga Bekasi menggunakan bus antarkota dan dalam kota yang mengangkut penumpang ke berbagai jurusan. Pilihan lain adalah Kereta Commuter KRL Jabotabek jurusan Bekasi-Jakarta Kota/Tanah Abang/Tanjung Priok mengangkut warga kota yang bekerja di Jakarta.

Selain itu tersedia pula bus pengumpan TransJakarta dari Kemang Pratama, Galaxi City, dan Harapan Indah. Namun pilihan-pilihan tersebut sudah membuat `sumpek` warga Bekasi.

Maspur, warga Bekasi yang tinggal di Bintara, Bekasi Barat misalnya menuturkan, setiap hari terpaksa menempuh 1,5 hingga 2 jam perjalanan menggunakan sepeda motor ke wilayah Mampang, Jakarta Selatan tempat kerjanya. Pilihan sepeda motor diambilnya karena tak tahan angkutan umum maupun bus dan KRL yang amat sangat padat setiap harinya.

”Coba saja dari Stasiun Bekasi naik Commuter pagi-pagi. Misal pukul 07.00 WIB atau pukul 08.00 WIB lah. Wuah berjubel orang dari situ. Nggak kuat saya,” ungkap Maspur ketika berbincang dengan detikFinance, Kamis (7/1/2013).

Dikatakan Maspur, sama halnya jika naik bus kota atau menggunakan bus pengumpan TransJakarta. ”Semua penuh. Tol macet, jalanan non tol apalagi. Paling naik angkutan umum dari Kalimalang ke Cawang. Itu membutuhkan waktu hingga 2 jam lebih, naik motor saja 1 jam kalau nggak macet,” terangnya.

”Memang diperlukan sebuah moda transportasi massal lagi. Jika monorel nantinya dibangun akan sangat bagus sekali. Sudah pasti warga Bekasi bisa terbantukan. Apalagi jika hanya 24 menit, wah hebat,” terang Maspur.

Konsorsium BUMN yang dipimpin oleh Adhi Karya memang tengah mengajukan pembangunan monorel ke Pemprov DKI Jakarta. Nantinya rute yang dihubungkan yakni Bekasi-Cawang, Cibubur-Cawang dan Cawang-Kuningan. Semua terintegrasi ke Cawang sebagai hub.

Mia Pitria, Warga yang tinggal di Perumnas III Bekasi Timur, mengungkapkan kegembiraannya ketika mengetahui ada proyek yang tengah diajukan tersebut. Mia yang bekerja di Tebet, Jakarta Selatan bercerita harus bangun lebih pagi. Ia menggunakan bus dari Tol Bekasi Timur hingga Pancoran.

”Nah itu butuh waktu 1,5 jam jika perjalanan normal paling cepat. Kalau macet ya udah. Bisa 3 jam lah. Kalau ada monorel 24 menit wah bagus sekali itu. Saya dukung 100%,” tutur Mia.

Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan usai presentasi dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, monorel akan membantu para masyarakat dalam bertransportasi.

”Kalau pakai kendaraan jauh lebih lama. Waktu tempuh lebih singkat dan terjamin. Bisa hemat tenaga dan BBM,” kata Kiswo.

Jarak Bekasi Timur-Jakarta bakal ditempuh paling cepat 24 menit. Sementara jarak tempuh untuk rute Cibubur-Cawang bisa ditempuh dalam waktu 18 menit, dan rute Cawang ke Kuningan ditempuh dalam waktu 15 menit. Rencananya, monorel tahap I tersebut akan beroperasi mulai pukul 05.30 WIb hingga 23.30 WIB.

Disampaikan Kiswo, kapasitas angkut rute Bekasi Timur-Cawang mencapai 94.600 penumpang per hari, dengan dilayani oleh 8 kereta. Rute Cibubur-Cawang bisa mengangkut 53.600 penumpang per hari dengan dilayani oleh 6 kereta, kemudian rute Cawang-Kuningan bisa mengangkut 42.700 penumpang per hari dengan dilayani oleh 4 kereta.

Sementara jarak antar kereta saat jam sibuk adalah 6 menit dan saat jam biasa adalah 15 menit.

(dru/dnl)
Sumber : http://finance.detik.com/read/2013/02/07/142622/2163879/4/kata-warga-bekasi-soal-monorel-cepat-hanya-24-menit-ke-jakarta

« baca article lain
ch-property.com
Updates
About
Contact Us
Marketing Support:
(021) 569 68 717 (hunting)
copyright © 2009-2019 - CH Property